Rabu, 12 Agustus 2015

Tanya jawab seputar Bluetooth



1.      sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth ? (bella)
jawaban          :
•Enkripsi data
•Autentikasipengguna
•Lompatanfrekuensicepat (1600 hops/sec)
•Kontrolpengeluaranenergi

2.      berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth ? (aga)
jawaban          :
dengan jarak pengiriman paket data yang sangat pendek minimal 8 oktet dan maksimal mencapai 27 oktet yang ditransmisikan pada kecepatan 1 Mbps.

3.      bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan bluetooth ? (lana)
jawaban          :
dengan langsung di metikan bluethoot  setelah di pakai mengirimkan data
4.      apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ? (agung)

jawaban          :
Sinkron adalah komunikasi, menggunakan komputer sebagai media , yang secara sertempak , waktu nyata ( Real Time ). contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut :
1.Texk Chat : Bbm, We-Chat,Yahoo-messeger.
2. Video Chat : Facebook,Video Call.
3. Callaplication : Vibre.
 Sedangkan
komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah Email,Forum,Rekaman,simulasi visual,serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web ( WWW).
5.      sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi ? (agus salam )
jawaban          :
·  Oven microwave: Menggunakan oven microwave di dekat komputer, perangkat Bluetooth, atau pemancar Wi-Fi dapat menyebabkan gangguan.
·  Layanan Satelit Langsung (Direct Satellite Service/DSS): Kabel dan konektor coaxial yang digunakan bersama beberapa jenis piringan parabola dapat menimbulkan gangguan. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel dan ganti dengan yang baru apabila Anda mencurigai adanya masalah kebocoran RF.
·  Sumber listrik eksternal tertentu seperti kabel listrik, rel kereta api listrik, dan pembangkit

6.       selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan bluetooth dikehidupan sehari-hari ? (johan)
Jawaban          :
Denganadanya Bluetooth, kamu bias meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau motor kamu, dan kamu tinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.

7.       apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0 ? (jeli)
Jawaban          :
Teknologi BLE Adalah hasil yang di dapat dan akhirnya menghasilkan Bluetooth v4.0.
 Konsumsi daya yang kecil,waktu pemakaian yang lebih lama,biaya produksi yang rendah ,jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi keunggulan Bluetooth v4.0 ini.BLE tidak di gunakan pada semua perangkat,oleh karena itu Bluetooth v4.0 menggunakan teknologi Dual Mode.

8.      apa latar belakang dibuatnya bluetooth ? (yayat)
Jawaban          :
Teknologi Bluetooth ini pertama kali diciptakan oleh Ericsson pada tahun 1994. Awalnya Bluetooth digunakan sebagai alternatif pengganti salah satu konektor kabel. Namun, akhirnya teknologi Bluetooth lebih berkembang kerena kemampuannya untuk terkoneksi pada beberapa perangkat sekaligus.
9.      adakah batasan transfer data pada bluetooth ? (ine)
Jawaban          :
Iya ada. Karena jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter.
10.   jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth ? (ade & usman)
Jawaban          :
Frekuensi hopping adalahsalahsatudariduateknikmodulasidasar yang digunakandalamtransmisisinyalspread spectrum. Iniadalah switching ulangfrekuensiselamatransmisi radio, seringuntukmengurangiefektivitasdari "perangelektronik" - yaitu, intersepsitidaksahataujammingtelekomunikasi.

11.  apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching ? (riska)
Jawaban          :
Circuit switching merupakanmetodologipenerapanjaringantelekomunikasidi manadua node jaringanmembentuksuatusalurankomunikasikhusus (sirkuit) melaluijaringansebelum node dapatberkomunikasi. Rangkaianmenjamin bandwidth penuhdarisalurandantetapterhubungselamasesikomunikasi. Fungsisirkuitseolah-olahnode secarafisikterhubungsebagaidengansebuahrangkaianlistrik.
Packet switching adalahjaringanmetodekomunikasi digital yang kelompoksemua data yang ditransmisikan – terlepasdarikonten, tipestruktur, atau – menjadiblok-blokberukuran yang sesuai, yang disebutpaket. Packet switching fiturpengirimanvariabel-bit-rate data stream (urutanpaket) melaluijaringanbersama. Ketikamelintasi adapter jaringan, switch, router dan node jaringanlainnya, paket buffer danantri, mengakibatkanpenundaanvariabeldan throughput tergantungpadabebanlalulintasdalamjaringan.

12.   apa bedanya bluetooth dgn wifi ? (wahyu)
Jawaban          :
Jangkauan -- Kisaran area wi-ficukupluasyaitusekitar 300 meter darisimpuljaringannirkabel. Di sisilain, Bluetooth memilikijaraksekitar 30 kaki.
Standar -- Bluetooth danwi-fibekerjapadastandar yang berbeda. Instalasiwi-fididasarkanpadastandar 802.11n. Sedangkanperangkat Bluetooth yang saatinimengikutistandar 2,0bluetooth.
Instalasi -- Perangkat Bluetooth tidakmemerlukaninstalasiataukonfigurasi. Kerjadariperangkatbluetoothsangatsederhanasehinggatidakperludikonfigurasi. Andabisalangsungmengaktifkanperangkatbluetooth lain untukmentransfer data. JikaAndainginmengaktifkanfasilitasbluetooth di komputerpribadianda, maka yang harusAndalakukanadalahdenganmembeli adaptor bluetooth. Berbedadenganbluetootf, wi-fimemerlukanbeberapakonfigurasi. Untukwi-fimengaktifkanjaringan, jugadiperlukan router dan modem.
Akses -- Wi-fidigunakanuntukpembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlahbesarkomputer desktop dan laptop dapatdihubungkandenganmenggunakanwi-fi. Bluetooth hanyamemungkinkanAndauntukmembentuk PAN (Personal Area Network), dantidakdapatmembentuksuatu Local Area Network (LAN),
Kecepatan Transfer -- Perbedaan lain antarawi-fidanbluetoothadalahbahwakecepatan transfer data untukbluetoothinijauhlebihtinggidariwi-fi. Menggunakan Bluetooth, Andadapatmentransfer data dengankecepatan 800 kbps, sedangkanwi-fiadalah data yang rentanterhadapkerugiandankarenanyamemilikikecepatanlebihrendah. Jikaandaterhubungke Internet menggunakanwi-fi, kecepatan download Andaakanlebihkecildariapa yang akanAndadapatkanketikaAndaterhubungmenggunakan internet broadband.
Aplikasi -- Bluetooth digunakanuntuk transfer data darisatuperangkatkeperangkat yang lain. Andadapatmengakses printer denganmengaktifkanbluetoothdarikomputerAnda. Untukwi-fi, Andatidakhanyadapatmembuat transfer data kecil, tetapiAndadapatmengakses database dan software yang terletak di beberapaperangkat lain dalamjaringan. Akses internet nirkabeljugadapatdiberikankepadasemuakomputerdalam area LAN. Dalamkasus Bluetooth, halinitidakmungkin.

13.   apa manfaat bluetooth selain untuk membagi data ? (lifia)
Jawaban          :
Denganadanya Bluetooth, kamu bias meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau motor kamu, dan kamu tinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.

14.  jelaskan tentang sitem tdd (time division duplex) ? (alan)
Jawaban          :
Dalam suatu komunikasi radio dimungkinkan penggunaan secara bersama suatu channel berdasarkan pembagian yang dilakukan pada domain waktu. Atas dasar pemikiran inilah yang membuat TDD dapat digunakan sebagai metode full duplex dalam menyelenggarakan suatu komunikasi dua arah yang bersifat simultan.
 Masing-masing pengguna mempunyai dua channel yaitu forward dan reverse yang terbentuk dari alokasi slot-slot waktu, sehingga TDD mengijinkan dua channel tersebut terletak pada band frekuensi yang sama. Suatu slot waktu akan dipisahkan untuk digunakan sebagai channel forward dan channel reverse . Sehingga dengan demikian dua keperluan yang berbeda yaitu transmisi dan penerimaan sinyal dapat ditangani oleh dua channel. Sebenarnya TDD bukan merupakan full duplex secara penuh, lebih tepat jika dikatakan bahwa TDD merupakan semi full duplex. Hal ini dikarenakan bahwa TDD tidak dapat melayani komunikasi yang simultan pada saat waktu yang bersamaan. 
Syarat agar metode duplex TDD dapat digunakan dalam suatu sistem komunikasi adalah bahwa laju data transmisi pada suatu channel harus lebih besar dari laju data dari pengguna. Sesuai dengan standar IMT-2000, maka UMTS menggunakan metode duplex baik FDD maupun TDD. Metode duplex FDD dan TDD masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri apabila diaplikasikan dalam suatu area. UMTS akan mengambil keunggulan dari masing-masing metode duplex tersebut untuk diterapkan pada area pelayanannya yang sesuai sehingga dengan demikian efisiensi akan didapatkan. 
Untuk memberikan pelayanan terhadap suatu area secara maksimal dan efisien maka area pelayanan dari UMTS terbagi atas sel-sel kecil dan sel-sel besar. Dimulai dari pikosel, mikrosel, makrosel hingga sel yang bersifat global yang pelayanannya menggunakan satelit. Penggunaan dua metode duplex tersebut didasarkan atas pembagian ruang lingkup pelayanan dari UMTS.
Dalam suatu komunikasi radio dimungkinkan penggunaan secara bersama suatu channel berdasarkan pembagian yang dilakukan pada domain waktu. Atas dasar pemikiran inilah yang membuat TDD dapat digunakan sebagai metode full duplex dalam menyelenggarakan suatu komunikasi dua arah yang bersifat simultan.

15.  bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared ? (khanif)
Jawaban          :
Perbedaab nya yaitu di lihat dari beberapa segi yaitu :
Transfer Data
IrDA mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth maksimal 1Mbps dengan kemampuan rata-rata sekitar 721Kbps.
Range
IrDA memiliki rentang jarak sekitar 3 meter, sedangkan Bluetooth sekitar 30 kaki atau lebih.
Line of Sight
Dalam keadaan jaringan yang penuh sesak, disarankan menggunakan IrDA,s edangkan sedangkan untuk teknologi yang memerlukan tembus dinding disarankan menggunakan Bluetooth.
Biaya Implementasi
Saat ini, IrDA hanya memerlukan biaya implementasi sekitar $2, sedangkan Bluetooth untuk implementasi awal saja sudah membutuhkan biaya sebesar $20.
Secara sekilas kita bisa mengetahui bahwa Bluetooth memang lebih unggul dari teknologi Infrared, tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan dari teknologi Bluetooth ini seperti yang tertera di bawah ini :
Teknologi Bluetooth akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima maupun pengirim data yang dimaksud apabila berada dalam suatu ruangan yang terlalu banyak penggunaan koneksi Bluetooth. Sedangkan teknologi Infrared hanya akan mendeteksi identitas si pengirim data karena proses transfernya juga mendekatkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya lagi.
Mekanisme keamanan Bluetooth sepertinya perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan data yang dimaksud.
Di Indonesia, banyak kasus peredaran virus yang berasal dari Bluetooth ponsel sehingga Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya, berbeda dengan Infrared di mana Infrared tidak rentan terkena virus. [MG]
Transfer Data
IrDA mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth maksimal 1Mbps dengan kemampuan rata-rata sekitar 721Kbps.
Range
IrDA memiliki rentang jarak sekitar 3 meter, sedangkan Bluetooth sekitar 30 kaki atau lebih.
Line of Sight
Dalam keadaan jaringan yang penuh sesak, disarankan menggunakan IrDA,s edangkan sedangkan untuk teknologi yang memerlukan tembus dinding disarankan menggunakan Bluetooth.
Biaya Implementasi
Saat ini, IrDA hanya memerlukan biaya implementasi sekitar $2, sedangkan Bluetooth untuk implementasi awal saja sudah membutuhkan biaya sebesar $20.
Secara sekilas kita bisa mengetahui bahwa Bluetooth memang lebih unggul dari teknologi Infrared, tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan dari teknologi Bluetooth ini seperti yang tertera di bawah ini :
Teknologi Bluetooth akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima maupun pengirim data yang dimaksud apabila berada dalam suatu ruangan yang terlalu banyak penggunaan koneksi Bluetooth. Sedangkan teknologi Infrared hanya akan mendeteksi identitas si pengirim data karena proses transfernya juga mendekatkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya lagi.
Mekanisme keamanan Bluetooth sepertinya perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan data yang dimaksud.
Di Indonesia, banyak kasus peredaran virus yang berasal dari Bluetooth ponsel sehingga Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya, berbeda dengan Infrared di mana Infrared tidak rentan terkena virus. [MG]

16.   apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ? (jahidin)
Jawaban          :
Kontrol pengeluaran energi adalah teknologi Bluetooth yang dapat mengurangi penggunaan daya pada perangkat dengan karena Bluetooth dapat dimatikan agar lebih hemat daya.
17.   bluetooth digunakan pertama kali untuk ? (timi)
Jawaban          :
Pertaama kali bluethoot adalah sebagai teknologi komunikasi wirelles (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter.
18.  bluetooth di gunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya ? (hertiyanah)
Jawaban          :
bluethoot sebagai perantara modem yaitu Bluetooth dapat menghubungkan perangkat ponsel dengan PC. Cara kerjanya adalah ponsel terlebih dahulu dihubungkan dengan PC menggunakan Bluetooth, selanjutnya ponsel tersebut dapat dikonfigurasi menjadi modem pada PC.
19.  bagaimana perkembangan bluetooth saat ini ? (fuad)
Jawaban          :
Perkembangan bluethoot saat ini sangat lah berkembang dan beberapa verssi dari bluethoot yaitu
Bluetooth Versi 1.1 dan 1.2
 Bluetooth v1.1 menunjukan perbaikan dengan disahkan sebagai standar IEEE Standerd 802.15.1-2002, Versi ini juga masih membawa beberapa kekurangan versi sebelumnya. Akhirnya versi sukses untuk teknologi wireless ini didapatkan pada v1.2. Versi ini memiliki kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya dengan kecepatan 721 kbit/s. Perkembangan tidak berhenti sampai di situ, Bluetooth v2.0 + EDR diperkenalkan pada tahun 2004. Versi ini menggunakan teknologi Enhanced Data Rate (EDR) untuk transfer data yang lebih cepat. EDR mendukung kecepatan transfer data hingga 3 Mbit/s, meskipun pada prakteknya kecepatan yang ada hanya 2,1 Mbit/s.
Versi 2.1 + EDR
 Tiga tahun setelah peluncuran v2.0 + EDR. Bluetooth SIG mengumumkan Bluetooth v2.1 + EDR yang mendukung penuh kompabilitas terhadap versi sebelumnya. Pada versi ini diperkenalkan teknologi Secure Simple Pairing (SSP) yang meningkatkan kemampuan pengirim dan penerima sinyal antar perangkat. Versi 2.1 juga memperkenalkan fitur Extended Inquiry Response (EIR) yang memberikan lebih banyak informasi sebelum melakukan pairing pada perangkat lain. Teknologi ini memungkinkan penyaringan yang lebih baik sehingga dapat menghemat penggunaan daya.
Versi 3.0 + HS
 Bluetooth v3.0 + HS diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s. Pada versi ini link Bluetooth hanya digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data, sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi). Fitur baru dan utama dari versi ini adalah Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transf
er data yang lebih cepat. “HS” pada versi ini
merupaka singkatan dari High Speed melalui penggunaan link 802.11.
Versi 4.0
 Teknologi dengan penggunaan daya yang rendah menjadi salah satu bahasa utama pada tahun selanjutnya. Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0. Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini. BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless. Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless

20.  apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ? (elita)
            Jawaban          :
Menyesuaikan data atau file yang akan di transfer
21.  apa itu kanal data ansinkron ? dan kenapa bluetooth dapat mendukung kanal tersebut ? (yanti)
Jawaban          :
Pada kanal sinkron, data dikirim dalam bentuk berkelompok (blok) dalam kecepatan yang tetap tanpa bit awal dan bit akhir. Sedangkan pada kanal asinkron, informasi akan diuraikan menjadi karakter dan masing masing karakter tersebut memiliki bit yang diidentifikasikan sebagai awalan blok (star block) dan bit akhiran blok (stop block).
22.   cara  menenskripsi data dibluetooth ? (agi)
Jawaban          :
dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia pada proses pairing. Selama ini dua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yang kemudian disimpan dan dipakai.
23.  bagaimana pengamaan pada perangkat bluetooth ? (bahri)
Jawaban          :
Berikut ini saya menggunakan Samsung Galaxy Note 3 (SM-N900) Android versi 4.3 sebagai contoh settingnya)

1. Masuk ke Setting
2. Klik [General] di atas kanan
3. Kemudian scroll Menu General ke paling bawah
4. Klik [About Device]
5. Klik [Device name] di menu About Device
6. Isikan Nama sesuai dengan Keinginan anda
7. Klik OK.Setting Nama Bluetooth atau Nama Perangkat (Device Name) di Smartphone.
      24. apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth ? (eka)
Jawaban          :
Fungsinya yaitu agar keamanan di dalam bluethoot tidak mudah di bobbol oleh hacker dan tidak dapat di sadap oleh orang lain.
25.  apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multi point. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth ? (ririn)
Jawaban          :
Komunikasi point to point adalah komunikasi dimana suatu perangkat Bluetooth hanya dikoneksikan dengan satu perangkat, sedangkan komunikasi point to multi point adalah komunikasi dimana suatu perangkat Bluetooth dapat dikoneksikan dengan lebih dari satu perangkat bluetooth.
Perbedaannya terletak dari banyaknya perangkat yang dapat di koneksikan.

26.   bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ? (tika)
Jawaban          :
Aman karena pada saat pengiriman kedua perangkat harus memasukan kode atau pin agar tidak dapat tersadap oleh orang lain.
27.  kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi ? (dita)
Jawaban          :
Karena bluethoot dapat menembus dingding tembok maka tidak memerlukan line of sight.
28.  bagaimana cara enkripsi data pada fitur keamanan bluetooth ? (sepriana)
Jawaban          :
Langkah pertama ini mengharuskan pengguna yang sah untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai, PIN empat digit ke perangkat. Pesan lalu dikirim ke perangkat lainnya, dan ketika ditanyai kunci
 rahasia, dia berpura-pura lupa. Hal ini memacu perangkat lain untuk memutus kunci dan keduanya lalu mulai proses pairing baru. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh  hacker untuk mengetahui kunci rahasia yang baru. Selain mengirim ini ke perangkat Bluetooth yang dituju, semua perangkat Bluetooth yang ada dalam jangkauan itu juga tetap dapat disadap



1.      sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth ? (bella)
jawaban          :
•Enkripsi data
•Autentikasipengguna
•Lompatanfrekuensicepat (1600 hops/sec)
•Kontrolpengeluaranenergi

2.      berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth ? (aga)
jawaban          :
dengan jarak pengiriman paket data yang sangat pendek minimal 8 oktet dan maksimal mencapai 27 oktet yang ditransmisikan pada kecepatan 1 Mbps.

3.      bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan bluetooth ? (lana)
jawaban          :
dengan langsung di metikan bluethoot  setelah di pakai mengirimkan data
4.      apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ? (agung)

jawaban          :
Sinkron adalah komunikasi, menggunakan komputer sebagai media , yang secara sertempak , waktu nyata ( Real Time ). contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut :
1.Texk Chat : Bbm, We-Chat,Yahoo-messeger.
2. Video Chat : Facebook,Video Call.
3. Callaplication : Vibre.
 Sedangkan
komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah Email,Forum,Rekaman,simulasi visual,serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web ( WWW).
5.      sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi ? (agus salam )
jawaban          :
·  Oven microwave: Menggunakan oven microwave di dekat komputer, perangkat Bluetooth, atau pemancar Wi-Fi dapat menyebabkan gangguan.
·  Layanan Satelit Langsung (Direct Satellite Service/DSS): Kabel dan konektor coaxial yang digunakan bersama beberapa jenis piringan parabola dapat menimbulkan gangguan. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel dan ganti dengan yang baru apabila Anda mencurigai adanya masalah kebocoran RF.
·  Sumber listrik eksternal tertentu seperti kabel listrik, rel kereta api listrik, dan pembangkit

6.       selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan bluetooth dikehidupan sehari-hari ? (johan)
Jawaban          :
Denganadanya Bluetooth, kamu bias meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau motor kamu, dan kamu tinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.

7.       apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0 ? (jeli)
Jawaban          :
Teknologi BLE Adalah hasil yang di dapat dan akhirnya menghasilkan Bluetooth v4.0.
 Konsumsi daya yang kecil,waktu pemakaian yang lebih lama,biaya produksi yang rendah ,jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi keunggulan Bluetooth v4.0 ini.BLE tidak di gunakan pada semua perangkat,oleh karena itu Bluetooth v4.0 menggunakan teknologi Dual Mode.

8.      apa latar belakang dibuatnya bluetooth ? (yayat)
Jawaban          :
Teknologi Bluetooth ini pertama kali diciptakan oleh Ericsson pada tahun 1994. Awalnya Bluetooth digunakan sebagai alternatif pengganti salah satu konektor kabel. Namun, akhirnya teknologi Bluetooth lebih berkembang kerena kemampuannya untuk terkoneksi pada beberapa perangkat sekaligus.
9.      adakah batasan transfer data pada bluetooth ? (ine)
Jawaban          :
Iya ada. Karena jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter.
10.   jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth ? (ade & usman)
Jawaban          :
Frekuensi hopping adalahsalahsatudariduateknikmodulasidasar yang digunakandalamtransmisisinyalspread spectrum. Iniadalah switching ulangfrekuensiselamatransmisi radio, seringuntukmengurangiefektivitasdari "perangelektronik" - yaitu, intersepsitidaksahataujammingtelekomunikasi.

11.  apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching ? (riska)
Jawaban          :
Circuit switching merupakanmetodologipenerapanjaringantelekomunikasidi manadua node jaringanmembentuksuatusalurankomunikasikhusus (sirkuit) melaluijaringansebelum node dapatberkomunikasi. Rangkaianmenjamin bandwidth penuhdarisalurandantetapterhubungselamasesikomunikasi. Fungsisirkuitseolah-olahnode secarafisikterhubungsebagaidengansebuahrangkaianlistrik.
Packet switching adalahjaringanmetodekomunikasi digital yang kelompoksemua data yang ditransmisikan – terlepasdarikonten, tipestruktur, atau – menjadiblok-blokberukuran yang sesuai, yang disebutpaket. Packet switching fiturpengirimanvariabel-bit-rate data stream (urutanpaket) melaluijaringanbersama. Ketikamelintasi adapter jaringan, switch, router dan node jaringanlainnya, paket buffer danantri, mengakibatkanpenundaanvariabeldan throughput tergantungpadabebanlalulintasdalamjaringan.

12.   apa bedanya bluetooth dgn wifi ? (wahyu)
Jawaban          :
Jangkauan -- Kisaran area wi-ficukupluasyaitusekitar 300 meter darisimpuljaringannirkabel. Di sisilain, Bluetooth memilikijaraksekitar 30 kaki.
Standar -- Bluetooth danwi-fibekerjapadastandar yang berbeda. Instalasiwi-fididasarkanpadastandar 802.11n. Sedangkanperangkat Bluetooth yang saatinimengikutistandar 2,0bluetooth.
Instalasi -- Perangkat Bluetooth tidakmemerlukaninstalasiataukonfigurasi. Kerjadariperangkatbluetoothsangatsederhanasehinggatidakperludikonfigurasi. Andabisalangsungmengaktifkanperangkatbluetooth lain untukmentransfer data. JikaAndainginmengaktifkanfasilitasbluetooth di komputerpribadianda, maka yang harusAndalakukanadalahdenganmembeli adaptor bluetooth. Berbedadenganbluetootf, wi-fimemerlukanbeberapakonfigurasi. Untukwi-fimengaktifkanjaringan, jugadiperlukan router dan modem.
Akses -- Wi-fidigunakanuntukpembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlahbesarkomputer desktop dan laptop dapatdihubungkandenganmenggunakanwi-fi. Bluetooth hanyamemungkinkanAndauntukmembentuk PAN (Personal Area Network), dantidakdapatmembentuksuatu Local Area Network (LAN),
Kecepatan Transfer -- Perbedaan lain antarawi-fidanbluetoothadalahbahwakecepatan transfer data untukbluetoothinijauhlebihtinggidariwi-fi. Menggunakan Bluetooth, Andadapatmentransfer data dengankecepatan 800 kbps, sedangkanwi-fiadalah data yang rentanterhadapkerugiandankarenanyamemilikikecepatanlebihrendah. Jikaandaterhubungke Internet menggunakanwi-fi, kecepatan download Andaakanlebihkecildariapa yang akanAndadapatkanketikaAndaterhubungmenggunakan internet broadband.
Aplikasi -- Bluetooth digunakanuntuk transfer data darisatuperangkatkeperangkat yang lain. Andadapatmengakses printer denganmengaktifkanbluetoothdarikomputerAnda. Untukwi-fi, Andatidakhanyadapatmembuat transfer data kecil, tetapiAndadapatmengakses database dan software yang terletak di beberapaperangkat lain dalamjaringan. Akses internet nirkabeljugadapatdiberikankepadasemuakomputerdalam area LAN. Dalamkasus Bluetooth, halinitidakmungkin.

13.   apa manfaat bluetooth selain untuk membagi data ? (lifia)
Jawaban          :
Denganadanya Bluetooth, kamu bias meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau motor kamu, dan kamu tinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.

14.  jelaskan tentang sitem tdd (time division duplex) ? (alan)
Jawaban          :
Dalam suatu komunikasi radio dimungkinkan penggunaan secara bersama suatu channel berdasarkan pembagian yang dilakukan pada domain waktu. Atas dasar pemikiran inilah yang membuat TDD dapat digunakan sebagai metode full duplex dalam menyelenggarakan suatu komunikasi dua arah yang bersifat simultan.
 Masing-masing pengguna mempunyai dua channel yaitu forward dan reverse yang terbentuk dari alokasi slot-slot waktu, sehingga TDD mengijinkan dua channel tersebut terletak pada band frekuensi yang sama. Suatu slot waktu akan dipisahkan untuk digunakan sebagai channel forward dan channel reverse . Sehingga dengan demikian dua keperluan yang berbeda yaitu transmisi dan penerimaan sinyal dapat ditangani oleh dua channel. Sebenarnya TDD bukan merupakan full duplex secara penuh, lebih tepat jika dikatakan bahwa TDD merupakan semi full duplex. Hal ini dikarenakan bahwa TDD tidak dapat melayani komunikasi yang simultan pada saat waktu yang bersamaan. 
Syarat agar metode duplex TDD dapat digunakan dalam suatu sistem komunikasi adalah bahwa laju data transmisi pada suatu channel harus lebih besar dari laju data dari pengguna. Sesuai dengan standar IMT-2000, maka UMTS menggunakan metode duplex baik FDD maupun TDD. Metode duplex FDD dan TDD masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri apabila diaplikasikan dalam suatu area. UMTS akan mengambil keunggulan dari masing-masing metode duplex tersebut untuk diterapkan pada area pelayanannya yang sesuai sehingga dengan demikian efisiensi akan didapatkan. 
Untuk memberikan pelayanan terhadap suatu area secara maksimal dan efisien maka area pelayanan dari UMTS terbagi atas sel-sel kecil dan sel-sel besar. Dimulai dari pikosel, mikrosel, makrosel hingga sel yang bersifat global yang pelayanannya menggunakan satelit. Penggunaan dua metode duplex tersebut didasarkan atas pembagian ruang lingkup pelayanan dari UMTS.
Dalam suatu komunikasi radio dimungkinkan penggunaan secara bersama suatu channel berdasarkan pembagian yang dilakukan pada domain waktu. Atas dasar pemikiran inilah yang membuat TDD dapat digunakan sebagai metode full duplex dalam menyelenggarakan suatu komunikasi dua arah yang bersifat simultan.

15.  bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared ? (khanif)
Jawaban          :
Perbedaab nya yaitu di lihat dari beberapa segi yaitu :
Transfer Data
IrDA mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth maksimal 1Mbps dengan kemampuan rata-rata sekitar 721Kbps.
Range
IrDA memiliki rentang jarak sekitar 3 meter, sedangkan Bluetooth sekitar 30 kaki atau lebih.
Line of Sight
Dalam keadaan jaringan yang penuh sesak, disarankan menggunakan IrDA,s edangkan sedangkan untuk teknologi yang memerlukan tembus dinding disarankan menggunakan Bluetooth.
Biaya Implementasi
Saat ini, IrDA hanya memerlukan biaya implementasi sekitar $2, sedangkan Bluetooth untuk implementasi awal saja sudah membutuhkan biaya sebesar $20.
Secara sekilas kita bisa mengetahui bahwa Bluetooth memang lebih unggul dari teknologi Infrared, tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan dari teknologi Bluetooth ini seperti yang tertera di bawah ini :
Teknologi Bluetooth akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima maupun pengirim data yang dimaksud apabila berada dalam suatu ruangan yang terlalu banyak penggunaan koneksi Bluetooth. Sedangkan teknologi Infrared hanya akan mendeteksi identitas si pengirim data karena proses transfernya juga mendekatkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya lagi.
Mekanisme keamanan Bluetooth sepertinya perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan data yang dimaksud.
Di Indonesia, banyak kasus peredaran virus yang berasal dari Bluetooth ponsel sehingga Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya, berbeda dengan Infrared di mana Infrared tidak rentan terkena virus. [MG]
Transfer Data
IrDA mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth maksimal 1Mbps dengan kemampuan rata-rata sekitar 721Kbps.
Range
IrDA memiliki rentang jarak sekitar 3 meter, sedangkan Bluetooth sekitar 30 kaki atau lebih.
Line of Sight
Dalam keadaan jaringan yang penuh sesak, disarankan menggunakan IrDA,s edangkan sedangkan untuk teknologi yang memerlukan tembus dinding disarankan menggunakan Bluetooth.
Biaya Implementasi
Saat ini, IrDA hanya memerlukan biaya implementasi sekitar $2, sedangkan Bluetooth untuk implementasi awal saja sudah membutuhkan biaya sebesar $20.
Secara sekilas kita bisa mengetahui bahwa Bluetooth memang lebih unggul dari teknologi Infrared, tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan dari teknologi Bluetooth ini seperti yang tertera di bawah ini :
Teknologi Bluetooth akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima maupun pengirim data yang dimaksud apabila berada dalam suatu ruangan yang terlalu banyak penggunaan koneksi Bluetooth. Sedangkan teknologi Infrared hanya akan mendeteksi identitas si pengirim data karena proses transfernya juga mendekatkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya lagi.
Mekanisme keamanan Bluetooth sepertinya perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan data yang dimaksud.
Di Indonesia, banyak kasus peredaran virus yang berasal dari Bluetooth ponsel sehingga Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya, berbeda dengan Infrared di mana Infrared tidak rentan terkena virus. [MG]

16.   apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ? (jahidin)
Jawaban          :
Kontrol pengeluaran energi adalah teknologi Bluetooth yang dapat mengurangi penggunaan daya pada perangkat dengan karena Bluetooth dapat dimatikan agar lebih hemat daya.
17.   bluetooth digunakan pertama kali untuk ? (timi)
Jawaban          :
Pertaama kali bluethoot adalah sebagai teknologi komunikasi wirelles (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter.
18.  bluetooth di gunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya ? (hertiyanah)
Jawaban          :
bluethoot sebagai perantara modem yaitu Bluetooth dapat menghubungkan perangkat ponsel dengan PC. Cara kerjanya adalah ponsel terlebih dahulu dihubungkan dengan PC menggunakan Bluetooth, selanjutnya ponsel tersebut dapat dikonfigurasi menjadi modem pada PC.
19.  bagaimana perkembangan bluetooth saat ini ? (fuad)
Jawaban          :
Perkembangan bluethoot saat ini sangat lah berkembang dan beberapa verssi dari bluethoot yaitu
Bluetooth Versi 1.1 dan 1.2
 Bluetooth v1.1 menunjukan perbaikan dengan disahkan sebagai standar IEEE Standerd 802.15.1-2002, Versi ini juga masih membawa beberapa kekurangan versi sebelumnya. Akhirnya versi sukses untuk teknologi wireless ini didapatkan pada v1.2. Versi ini memiliki kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya dengan kecepatan 721 kbit/s. Perkembangan tidak berhenti sampai di situ, Bluetooth v2.0 + EDR diperkenalkan pada tahun 2004. Versi ini menggunakan teknologi Enhanced Data Rate (EDR) untuk transfer data yang lebih cepat. EDR mendukung kecepatan transfer data hingga 3 Mbit/s, meskipun pada prakteknya kecepatan yang ada hanya 2,1 Mbit/s.
Versi 2.1 + EDR
 Tiga tahun setelah peluncuran v2.0 + EDR. Bluetooth SIG mengumumkan Bluetooth v2.1 + EDR yang mendukung penuh kompabilitas terhadap versi sebelumnya. Pada versi ini diperkenalkan teknologi Secure Simple Pairing (SSP) yang meningkatkan kemampuan pengirim dan penerima sinyal antar perangkat. Versi 2.1 juga memperkenalkan fitur Extended Inquiry Response (EIR) yang memberikan lebih banyak informasi sebelum melakukan pairing pada perangkat lain. Teknologi ini memungkinkan penyaringan yang lebih baik sehingga dapat menghemat penggunaan daya.
Versi 3.0 + HS
 Bluetooth v3.0 + HS diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s. Pada versi ini link Bluetooth hanya digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data, sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi). Fitur baru dan utama dari versi ini adalah Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transf
er data yang lebih cepat. “HS” pada versi ini
merupaka singkatan dari High Speed melalui penggunaan link 802.11.
Versi 4.0
 Teknologi dengan penggunaan daya yang rendah menjadi salah satu bahasa utama pada tahun selanjutnya. Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0. Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini. BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless. Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless

20.  apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ? (elita)
            Jawaban          :
Menyesuaikan data atau file yang akan di transfer
21.  apa itu kanal data ansinkron ? dan kenapa bluetooth dapat mendukung kanal tersebut ? (yanti)
Jawaban          :
Pada kanal sinkron, data dikirim dalam bentuk berkelompok (blok) dalam kecepatan yang tetap tanpa bit awal dan bit akhir. Sedangkan pada kanal asinkron, informasi akan diuraikan menjadi karakter dan masing masing karakter tersebut memiliki bit yang diidentifikasikan sebagai awalan blok (star block) dan bit akhiran blok (stop block).
22.   cara  menenskripsi data dibluetooth ? (agi)
Jawaban          :
dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia pada proses pairing. Selama ini dua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yang kemudian disimpan dan dipakai.
23.  bagaimana pengamaan pada perangkat bluetooth ? (bahri)
Jawaban          :
Berikut ini saya menggunakan Samsung Galaxy Note 3 (SM-N900) Android versi 4.3 sebagai contoh settingnya)

1. Masuk ke Setting
2. Klik [General] di atas kanan
3. Kemudian scroll Menu General ke paling bawah
4. Klik [About Device]
5. Klik [Device name] di menu About Device
6. Isikan Nama sesuai dengan Keinginan anda
7. Klik OK.Setting Nama Bluetooth atau Nama Perangkat (Device Name) di Smartphone.
      24. apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth ? (eka)
Jawaban          :
Fungsinya yaitu agar keamanan di dalam bluethoot tidak mudah di bobbol oleh hacker dan tidak dapat di sadap oleh orang lain.
25.  apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multi point. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth ? (ririn)
Jawaban          :
Komunikasi point to point adalah komunikasi dimana suatu perangkat Bluetooth hanya dikoneksikan dengan satu perangkat, sedangkan komunikasi point to multi point adalah komunikasi dimana suatu perangkat Bluetooth dapat dikoneksikan dengan lebih dari satu perangkat bluetooth.
Perbedaannya terletak dari banyaknya perangkat yang dapat di koneksikan.

26.   bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ? (tika)
Jawaban          :
Aman karena pada saat pengiriman kedua perangkat harus memasukan kode atau pin agar tidak dapat tersadap oleh orang lain.
27.  kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi ? (dita)
Jawaban          :
Karena bluethoot dapat menembus dingding tembok maka tidak memerlukan line of sight.
28.  bagaimana cara enkripsi data pada fitur keamanan bluetooth ? (sepriana)
Jawaban          :
Langkah pertama ini mengharuskan pengguna yang sah untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai, PIN empat digit ke perangkat. Pesan lalu dikirim ke perangkat lainnya, dan ketika ditanyai kunci
 rahasia, dia berpura-pura lupa. Hal ini memacu perangkat lain untuk memutus kunci dan keduanya lalu mulai proses pairing baru. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh  hacker untuk mengetahui kunci rahasia yang baru. Selain mengirim ini ke perangkat Bluetooth yang dituju, semua perangkat Bluetooth yang ada dalam jangkauan itu juga tetap dapat disadap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar