Rabu, 19 Agustus 2015

pertanyaan dan jawaban seputar GSM


1. Apa yang di maksud dengan sistem C-NET ? (ine)
Jawaban :          
Teknologi komunikasi selular yang sudah berkembang dan banyak digunakan pada awal tahun 1980-an yang dikembangkan di Jerman dan Portugal oleh Siemens.
             

2. Apa yang di maksud dengan sistem NMT ? (novi)
Jawaban :
Teknologi komunikasi selular yang sudah berkembang dan banyak digunakan pada awal tahun 1980-an yang dikembangkan di Belanda dan Skandinavia oeh Erricson




3. Apa yang di maksud dengan sistem TACS ? (Livia)
Jawaban :
Sistem komunikasi analog bergerak (mobile) yang digunakan di Inggris, Irlandia, dan sejumlah negara lain pada tahun 1983. TACS menggunakan sistem FM analog yang beroperasi di pita frekuensi 890-915 MHz / 935-960 MHz, hal ini memungkinkan untuk menangkap hingga 1,320 saluran


4. Network element dalam arsitektur jaringan GSM dapat di bagi menjadi berapa ? (riska & eka)
Jawaban :

  • Mobile Station (MS)
  • Base Station Sub-system (BSS)
  • Network Sub-system (NSS),
  • Operation and Support System (OSS)


5. bagaimana perkembangan GSM saat ini ? (tika & hertiyanah)
Jawaban :
                Sudah sampai generasi 4 atau 4G yang sangat cepat.

6. kapan GSM di ciptakan ? pertama kali digunakan untuk apa ? (agung ,yuli dan M. nandang)
jawaban :
     GSM muncul pada pertengahan 1991 dan akhirnya dijadikan standar telekomunikasi selular untuk seluruh Eropa oleh ETSI (European Telecomunication Standard Institute). Pengoperasian GSM secara komersil baru dapat dimulai pada awal kuartal terakhir 1992 karena GSM merupakan teknologi yang kompleks dan butuh pengkajian yang mendalam untuk bias dijadikan standar. Pada September 1992, standar type approval untuk handphone disepakati dengan mempertimbangkan dan memasukkan puluhan item pengujian dalam memproduksi GSM. GSM pertama kali digunakan untuk komunikasi Selular.

7. apa titik lemah / kekurangan yang ada pada GSM ? (MNQ tamam & algha)
jawaban :

  • Sistem informasi yang dilakukan mudah diakses/ bocor
  • Sistem keamanan yang kurang baik sehingga mudah disadap
  • Biaya yang diperlukan relatif lebih mahal 

8. Jelaskan keunggulan GSM ! (dzahaby)
Jawaban :

  • Kapasitas sistem lebih besar, karena menggunakan teknologi digital dimana penggunaan sebuah kanal tidak hanya diperuntukkan bagi satu pengguna saja sehingga saat pengguna tidak mengirimkan informasi, kanal dapat digunakan oleh pengguna lain.
  • Sifatnya yang sebagai standar internasional memungkinkan roaming mancanegara
  • Dengan teknologi digital, tidak hanya mengantarkan suara, tapi memungkinkan servis lain seperti teks, gambar, dan video.
  • Keamanan sistem yang lebih baik
  • Kualitas suara lebih jernih dan peka.
  • Mobile (dapat dibawa ke mana-mana)

9. apa yang dimaksud dengan base station controller dalam GSM ? (wahyudin)
jawaban :
Base Station Controller adalah perangkat yang mengontrol kerja BTS-BTS yang berada di bawahnya dan sebagai penghubung BTS dan MSC.

10. apa yang disebut dengan mobile switching center atau MSC ? (sepri)
jawaban :
Mobile Switching Center atau MSC, merupakan sebuah network element central dalam sebuah jaringan GSM. MSC sebagai inti dari jaringan seluler, dimana MSC berperan untuk interkoneksi hubungan pembicaraan, baik antar selular maupun dengan jaringan kabel PSTN, ataupun dengan jaringan data.

11. jelaskan apa yang dimaksud IMMSI ? (saepul bahri)
jawaban :
IMMSI (International Mobile Subscriber Identity), merupakan penomoran pelanggan.

12.   keunggulan GSM dibandingkan CDMA ? (Agi)
jawaban:

  • Kualitas suara yang dihasilkan saat koneksi lebih jernih dan jelas
  • Sinyal lebih kuat dan stabil dan jaringan luas diseluruh Indonesia
  • Banyak pilihan provider (Telkomsel, XL dll)

13. apa perbedaan CDMA dan GSM ? (aji)
jawaban :
Sebenarnya perbedaan yang sangat terasa adalah masalah sinyal dan jaringan, dimana GSM lebih baik karena sudah memiliki jaringan yang luas bahkan sampai di pedesaan dan pelosok negeri ini. Berbeda dengan CDMA yang masih terbatas di kota-kota besar, sehingga kurang cocok bagi pengguna yang sering bepergian ke tempat yang belum mendukung jaringan CDMA

14.   apa yang dimaksud ME (Mobile Equipment) dan apa fungsinya ? (st. yulianti)
jawaban :
Mobile Equipment (ME) atau handset, merupakan perangkat GSM yang berada di sisi pengguna atau pelanggan yang berfungsi sebagai terminal transceiver (pengirim dan penerima sinyal) untuk berkomunikasi dengan perangkat GSM lainnya.

15.   apa 3G termasuk keunggulan GSM ? jelaskan ! (bella)
jawaban :
tidak, karena 3G termasuk generasi dari teknologi komunikasi wireless

16.   apa itu time slot pada jaringan GSM ? (syahrul amin)
jawaban :
Timeslot inilah yang akan digunakan oleh pengguna jaringan GSM secara ternporer (sementara). Maksud dan digunakannya timeslot secara temporer adalah timeslot tersebut akan dimonopoli oleh pengguna selama mereka gunakan, terlepas dan mereka sedang aktif berbicara atau sedang idle (diam).

17.   apa persamaan dan perbedaan antara GSM dan CDMA ? (khanif)
jawaban :
               Persamaan

  • Sama-sama berfungsi sebagai teknologi telekomunikasi yang memudahkan pelanggannya dalam berkomunikasi .Contoh : hampir semua handphone GSM dan CDMA dapat digunakan dalam mengirim pesan, berkomunikasi lewat suara, dan bertukar informasi melalui internet.
  • Secara fisik dan ukuran handphone atau ponsel pada umumnya memiliki kesamaan tampilan dan ukuran yang sama. Contoh : handphone GSM dan CDMA terdiri dari berbagai jenis dan model yang hampir sama seperti model biasa atau umum, model lipat, model tipis, atau model yang tebal
  • Fitur dan fasilitas pelengkap  handphone GSM dan CDMA biasanya juga sama. Contoh : masing-masing handphone umumnya memiliki fasilitas alarm, kalkulator, TV, radio, dan pemutaran serta perekaman video.
  • Handphone GSM dan CDMA memiliki kesamaan kekurangan yaitu semakin banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan maka semakin kurang baik jaringan yang didapatkan oleh pelanggan Contoh : pada momen istimewa seperti lebaran, natal dan tahun baru umumnya operator mengalami kesulitan mengatur penyampaian pesan dan penggunaan komunikasi dalam waktu yang bersamaan saat digunakan oleh banyak pengguna.

          Perbedaan

  • Tarif dan biaya telekomunikasi
  • Tarif operator GSM lebih mahal bila dibandingkan dengan CDMA, namun untuk beberapa promosi khusus malah gratis
  • Tarif operator CDMA sedikit lebih murah, terutama untuk wilayah dalam kota
  • Fasilitas yang diberikan
  • GSM memberikan fasilitasn 3G dalam berkomunikasi sedangkan CDMA memberikan fasilitas EVDO. Untuk kecepatan akses internet, komunikasi data, suara dan video harus diakui EVDO lebih baik dan cepat daripada 3G
  • Spesifikasi
  • GSM 1800 memiliki spesifikasi uplink 1710-1785 MHz, dan downlink : 1805 -1880 MHz
  • CDMA 1900 memiliki spesfikasi uplink 1850-1910 MHz dan downlink : 1920-1990 Mhz

          Kelebihan jaringan

  •  Operator di Indonesia
  • GSM : As, Simpati, XL bebas, XL jempol, Mentari, IM3 dan 3 (three)
  • CDMA : Flexi, Fren, Starone, dan Smarfren
  • Daya jelajah
  •  Untuk daya jelalah sistem digital GSM dan CDMA memiliki perbedaan dimana CDMA lebih baik bila digunakan diwilayah yang padat penduduknya dan di lingkungan yang dipenuhi dengan gedung-gedung yang tinggi karena semakin padat semakin baik. sedangkan GSM lebih baik digunakan di lingkungan yang tidak terlalu padat dan jarak jauh. Karena bila penggunaan yang telalu konstan dapat membuat koneksi menjadi terganggu atau melambat.

18.   apa kepanjangan dari GSM ? (aga)
jawaban :
Global System for Mobile Communication (GSM mulanya singkatan dari Groupe Spécial Mobile)

19. manfaat apa saja yang bisa kita dapat dari memakai GSM ? (alfuad)
jawaban :

  • Memudahkan dalam hal komunikasi karena jaringan GSM telah tersebar luas di seluruh indonesia.
  • Menghemat biaya komunikasi karena biaya GSM sangat murah.

20.   apa yang dimaksud dengan teknologi yang masih analog sehingga bersifat regional ? (timi)
jawaban :
Teknologinya yang masih analog membuat sistem yang digunakan bersifat regional disini maksudnya yaitu sehingga sistem antara negara satu dengan yang lain tidak saling kompatibel dan menyebabkan mobilitas pengguna terbatas pada suatu area sistem teknologi tertentu saja (tidak bisa melakukan roaming antar negara).

21.   apa fungsi dari BTS (Base Transceiver Station) ? (jeli)
jawaban :
BTS berfungsi sebagai pengirim dan penerima (transciver) sinyal komunikasi dari/ke MS yang menyediakan radio interface antara MS dan jaringan GSM. Karena fungsinya sebagai transceiver, maka bentuk pisik sebuah BTS adalah tower dengan dilengkapi antena sebagai transceiver. Sebuah BTS dapat me-cover area sejauh 35 km. Area cakupan BTS ini disebut juga dengan cell.

22.   berapa frekuensi GSM terbesar di dunia ? (usman)
jawaban :
Frekuensi terbesar terdapat pada GSM versi 1900. Frekuensi uplink digunakan pada 1850-1910 MHz dan frekuensi downlink pada 1930-1990 MHz dengan duplex spacing sebesar 80 MHz. GSM 1900 memiliki kanal sebanyak 512-810 kanal

23.   apa fungsi dan pengertian dari operation and support system (OSS) ? (agus.s).
jawaban :
Operation and Support System (OSS), merupakan sub sistem jaringan GSM yang berfungsi sebagai pusat pengendalian, diantaranya fault management, configuration management, performance management, dan inventory management.

24.   sebutkan keunggulan GSM dibandingkan dengan system analog ? (tatang s.deni)
jawaban :
Operation and Support System (OSS) sering juga disebut dengan OMC (Operation and Maintenance Center), adalah sub system jaringan GSM yang berfungsi sebagai pusat pengendalian dan maintenance perangkat (network element) GSM yang terhubung dengannya. Tiap-tiap network element mempunyai perangkat OMC-nya sendiri-sendiri, misalnya network element NSS mempunyai perangkat OMC sendiri, network element BSS mempunyai perangkat OMC sendiri, network element VAS juga memiliki perangkat OMC sendiri. Biasanya, di banyak operator semua perangkat OMC ini diletakan di dalam satu ruangan OMC yang terpusat.

25.   jenis GSM yang banyak di gunakan di dunia ? (agus.m)
jawaban :
3G , karena penyebarannya lebih luas .

1 komentar:

  1. Blog yang penuh estetika (y)

    Jangan lupa Kunjungan balik & Comment nya di blog :

    http://muhammadjahidin98.blogspot.com

    BalasHapus